Latest SOAL :

Sabtu

Pembiasaan Membaca di Perpustakaan


Kegiatan membaca adalah salah satu faktor penentu kecerdasan seseorang. Dengan rajin membaca, seseorang akan memperoleh ilmu dan wawasan yang luas, sehingga dirinya dapat mengembangkan potensi ke arah yang positif. Maka, kegiatan bertajuk Pembiasaan Membaca di  Perpustakaan, Tahun Ajaran 2014/205, saya pikir adalah jalan menuju tersedianya “library for all”, yang membutuhkan dukungan kalangan pendidik agar menumbuhkan minat baca dalam diri peserta didiknya (anak-anak).


Kegiatan membaca yang membudaya, akan tercipta ketika siswa siswi – sebagai seorang murid – di suatu pendidikan membiasakan berkunjung ke perpustakaan. Pembiasaan itu harus dikawal dengan kultur di lingkungan pendidikan yang mengarah kepada pertumbuhan minat baca anak didik. Semoga dengan adanya PEMBIASAAN MEMBACA DI PERPUSTAKAAN semestinya kita mulai merancang strategi penanaman kesadaran membaca secara mengasyikkan terhadap anak-anak, agar mereka mau berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku.


Dukungan pihak sekolah
Supaya kegiatan membaca membudaya, diperlukan peran serta pihak sekolah – terutama guru – untuk menanamkan kesadaran dalam diri anak, bahwa membaca adalah kegiatan yang mengasyikkan. Misalnya, Dalam tataran praktis, mereka disuruh menyelesaikan bacaan satu eksemplar buku atau komik tipis yang didalamnya terkandung muatan edukasi. Setelah menyelesaikan satu eksemplar buku atau komik tipis itu, mereka dipersilahkan mengapresiasi isi yang terkandung di dalamnya.

Semoga dengan program ini, hubungan harmonis antara guru-anak didik diharapkan akan terjalin harmonis. Maka, ketika dalam aktivitas sehari-hari, minimalnya ketika mereka berada di lingkungan sekolah menyukai kegiatan membaca, kunjungan ke perpustakaan akan meningkat. Dengan peningkatan pengunjung ke perpustakaan juga, merupakan pertanda bahwa kualitas hidup siswa-siswi di masa mendatang, mengarah kepada produktivitas. Sebab, dengan membiasakan kegiatan membaca, ilmu dan wawasan semakin bertambah, sehingga di masa mendatang mereka mampu menjadi generasi penerus bangsa yang berwawasan luas, arif dan bijaksana.Amiin ...

Ini suatu program positif untuk anak didik Spensa Malang, bayangkan dalam 1 bulan saja pembiasaan membaca di perpustakaan sudah mencapai 1.000 lebih. Ini dokumen yang tidak dibuat-buat oleh admin melainkan benar-benar murni dari website perpustakaan sendiri terhitung mulai 01-08-2014 s/d 01-09-2014




Semoga terpateri minat baca yang tinggi, boleh jadi itu akan mendukung program hari berkunjung ke perpustakaan yang diadakan Spensa Malang,  Semoga !!! 





Tidak ada komentar:

 
Support : Creating Website | Slamet Sisyono | My Facebook
Copyright © 2011. Spensa Malang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Blogger Template
Kirim Artikel