Latest SOAL :

Senin

Siswa SMPN 1 Melaju dalam Lomba Roket Air Nasional

S
etelah menjadi juara 1 dalam ajang Kompetisi Roket Air Tingkat Regional pada Februari lalu, siswa SMPN 1 melaju mewakili Jawa Timur dalam ajang Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN). Kompetisi tingkat nasional yang akan digelar di Bandung pada Oktober mendatang akan diikuti tiga siswa SMPN 1.

“Awalnya mengikuti lomba tingkat regional provinsi sebagai desain terbaik dan piala bergilir yang berhak mewakili Jawa Timur,” ujar Deny Nugraha pembina pendidikan teknik dasar SMPN 1 Malang. Denny menambahkan pada kompetisi tingkat regional, tim SMPN 1 berhasil menerbangkan roket berbahan daur ulang. Bahan yang dipakai antara lain botol plastik bekas minuman dan kardus bekas.



Pada ajang yang diselenggarakan oleh Kemenristek itu aspek penilaiannya adalah jarak yang dihitung dari titik pusat target sampai ke titik awal jatuhnya roket. Selain itu juri akan menilai performance roket pada saat meluncur dan mengukur jarak jatuhnya roket dari target.

Pembelajaran robotik yang ada di SMPN 1 merupakan bagian dari pelajaran pendidikan teknik dasar (PTD) yang wajib diikuti oleh seluruh siswa. Untuk bisa membuat robot, siswa terlebih dulu diberikan materi dasar fisika dan kelistrikan. Setelah siswa menguasai materi tersebut, siswa akan diberi materi robot analog dengan bahan sederhana.

“Persiapannya suah kami lakukan dengan intensif. Bedanya kalau lomba di Bandung bahan dan alatnya disediakan oleh panitia. Kami berharap, siswa dapat mempersembahkan yang terbaik dalam ajang KRAN,” harap Denny. Nantinya juara pada tingkat nasional akan berkesempatan mengikuti lomba yang sama pada tingkat Asia Tenggara yang akan digelar di Kuala Lumpur Malaysia.



Sumber : Malang Post






2 komentar:

Unknown mengatakan...

Semoga berhasil :)

jadikanlah Spensa the best number one

Spensa Malang mengatakan...

amiiin ...

 
Support : Creating Website | Slamet Sisyono | My Facebook
Copyright © 2011. Spensa Malang - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Free Blogger Template
Kirim Artikel